Home / Lingkungan

Senin, 31 Mei 2021 - 02:18 WIB

Bunga Bugenville Bisa Tiga Warna, Meladi: Tidak Sulit yang Penting Mau Sabar dan Tekun

Cianjur, PajajaranPost.com – Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias populer dengan bentuk berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya.

Agar bunga kertas dapat tumbuh cantik dan menawan, ada cara unik yang bisa dilakukan oleh petani bunga atau pencinta bunga kertas yaitu dengan cara stek atau mengawinkan dengan warna yang berbeda.

Hal tersebut dikatakan Meladi pada saat ditemui dirumahnya, RT 002 RW 003, Batulayang No 6, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Sabtu, (29/05/21).

Baca juga  Emil Tak Serius Bangun Sektor Perikanan di Jabar

Menurut Meladi, Bunga Burgenvil merupakan bunga yang indah jika ditata dengan baik. “Bisa kita lakukan stek dari mulai ranting atau pohon yang sudah keluar ranting baru. Tapi jangan terlalu tua jika mau dikawinkan dan disesuaikan dengan keinginan kita maupun pemesan. Maunya bunga warna apa?,” ungkap Meladi.

Bahkan, lanjutnya, dalam satu pohon bisa menghasilkan beberapa warna tergantung keinginan –bisa dua bahkan tiga warna sekaligus.

“Prosesnya gampang, yaitu penyambungan perkawinan selama dua minggu atau  lima belas hari. Dan diusahakan tempelan jangan sampai terkena air, makanya menggunakan plastik. Dan plastik  bisa di buka setelah sepuluh hari,” terangnya.

Baca juga  Vaksin Covid-19 untuk Semua Masyarakat

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa yang bisa ditata dengan baik dan dapat dikawinkan bukan hanya jenis bunga kertas, namun juga bunga yang lainnya.

“Jenis bunga yang lainnya juga bisa, tidak hanya bunga kertas. Seperti bunga kemboja dan jenis bunga lainnya tergantung pada keinginan konsumen,” pungkasnya.

(Dudung/Riyan)

Editor: Deni Asmara

Share :

Baca Juga

Lingkungan

Camat Batujajar: Ingin Batujajar Nyongcolang

Lingkungan

Anwar Yasin Ajak Masyarakat Cintai Mangrove

Lingkungan

Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita: Edun!

Lingkungan

Waduk Jangari Mengalami Penyusutan Debit Air

Artikel

Eceng Gondok, Gulma Penyerap Polutan Berat

Lingkungan

Poktan Ardagusema: Alat Memadai namun Terkendala Air

Lingkungan

Ingin Lingkungan Bersih, Para Pebudi Daya Ikan Cirata Babad Eceng Gondok

Lingkungan

Dari Limbah Turun ke Zhio Art Gallery