Home / Lingkungan

Kamis, 6 Mei 2021 - 22:57 WIB

Jajang Rohana: Lahan Hijau Harus Diproteksi

Kota Bandung, PajajaranPost.com – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Jajang Rohana, S.Pd.I., menekankan bahwa pembangunan perumahan jangan sampai mengubah lahan hijau atau pertanian. Malah sebaliknya, lahan pertanian seharusnya diproteksi.

“Tidak bisa dipungkiri karena jumlah penduduknya banyak kebutuhan ruangnya juga pasti banyak. Otomatis akan membutuhkan lahan untuk perumahan juga yang banyak,” ujarnya via sambungan telpon, Kamis (06/05/21).

Maka kedepan, Jajang meneruskan, perumahan rakyat ini tidak dibangun rata ke samping atau horizontal. Tapi dengan jumlah penduduk terutama daerah kota maka pembangunannya harus vertikal. “Karena jumlah luas lahan di Jabar ini semakin sempit,” imbuhnya.

Baca juga  Fraksi PKS DPRD Jabar Dorong Pemprov Segera Operasikan Dua TPPA

“Dan kalau pun tetap dibangun, tapi jangan diatas lahan irigasi teknis dan lahan pertanian produktif. Jadi penataan ruang yang betul-betul diperhitungkan untuk keberlangsungan hidup kita dimasa depan. Kalau sawah habis sama perumahan maka ini akan berdampak pada ketahanan pangan dan kita akan bergantung pangan pada negeri lain,” jelas Jajang.

Jajang pun mengutarakan bahwa Pemerintah Daerah harus selektif memberikan ijin kepada pengembang untuk daerah-daerah hijau. Peraturan Daerah mengenai Tata Ruang juga harus segera dibuat secara detail.

Baca juga  HUT PTI yang Pertama, Ditekankan Merubah Paradigma Petani

“Sehingga kita punya patokan tentang batasan-batasan lahan. Mana ruang hijau, kuning atau merah,” ucap dia.

Kata dia, kalau Perdanya sudah ada sebetulnya pihak manapun tidak boleh melanggar. Namun hal itu menjadi sulit jika berhubungan dengan sawah milik pribadi yang dibangun oleh pihak keluarga. Jajang mencontohkan, di Kabupaten Bandung banyak orang membangun rumah di lahan hijau karena tanah itu adalah milik keluarga.

(Asmr)

Editor: Gendis Putri

Share :

Baca Juga

Lingkungan

Budidaya Maggot yang Praktis dan Menguntungkan

Artikel

Eceng Gondok, Gulma Penyerap Polutan Berat

Lingkungan

Wow, Dari Hasil Olah Limbah, Rosadi Bisa Bangun Jembatan

Artikel

DLH KBB Kelimpungan, Siapa yang Salah?

Lingkungan

Akibat Harga Jual Tak Stabil, Petani Bawang Daun Alami Kerugian

Lingkungan

Komisi II Dukung Peda Minum Kopi Lokal

Lingkungan

Dari Limbah Turun ke Zhio Art Gallery

Lingkungan

Pakar Lingkungan: Langkah Pemkot Bandung Kelola Sampah Sudah Tepat