Home / Urbaha

Kamis, 18 Maret 2021 - 11:38 WIB

Kopi Cangkorah, Komoditas Baru Batujajar

Bandung Barat, PajajaranPost.com – Roastery adalah sebutan dari salah satu tahapan proses pengolahan kopi, yaitu proses pematangan/pengovenan atau sangray dalam Basa Sunda. Dari kopi mentah yang sudah dibuang kulitnya dan sudah dikeringkan, diolah melalui mesin roasting dengan waktu tertentu hingga kopi menjadi matang. Hal itu dijelaskan Deri Selamat, tentang keahliannya.

Dari mulai tahun 2017 Deri bersungguh-sungguh belajar secara otodidak mempelajari  proses roasteri ini, yaitu untuk bisa mempertahan rasa dan lebih mengembangkan rasa beberapa jenis kopi, diantaranya kopi Robusta, kopi Arabica, dan kopi Liberica.

Untuk jenis kopi Robusta dia dapat dari daerah Gn. Tumenggung, Manglayang, Lampung, Ciamis, Gn. Halu, dan Papandayan. Jenis kopi Arabica dari Aceh, Gayo, Lintang, Kerinci, Sumatera Utara, Pangalengan, Gn Halu, Ciwidey, Patuha, dan Manglayang. Sedangkan untuk jenis Liberica hanya diambil dari Sumedang.

Baca juga  Sate Maranggi Joleno Mas Negro Gunung Cupu

“Kesemua produk itu saya berinama Coffee Cangkorah singkatan dari Cangkir Kopi Rahayu, yang diolah atau diproses di kp. Cipanggulaan Desa Giriasih Kecamatan Batujajar, Bandung Barat,” ujarnya.

Saat ini Deri telah menyediakan produk kopi dalam bentuk bubuk plus gula aren kemasan saset baru dari jenis kopi robusta saja dengan neto 20 gr. Sedangkan dua lainnya Arabica dan Liberica dalam bentuk gramasi dengan neto 500 gr dan 100 gr.

Baca juga  Wuih... Ada Caffe Greeneration di Batujajar Barat

“Kedepannya saya berharap kopi Cangkorah ini dapat di kenal oleh masyatakat luas dan menjadi komoditi khas Batujajar Bandung Barat. Memang saat ini yang jadi kendala adalah dalam promosi dan marketing produk, saya belum memiliki kedai dan juga belum punya seller khusus. Mudah-mudahan ada lembaga atau perorangan yang mau atau berminat membimbing home indutry saya ini untuk lebih maju,” kata Deri mengakhiri keterangannya.

(Aki Boy)

Editor: Deni Asmara

Share :

Baca Juga

Urbaha

Mang Tarna dan Tahu Gejrot Khas Cirebon

Urbaha

Sate Maranggi Joleno Mas Negro Gunung Cupu

Silih Asah Silih Asih Silih Asuh

Si Kecrok Bolonyon, Unéng: Tutut Euceu mah Teu Kedah Dikecrok
Warung lesehan Mang Olay di Waduk Cirata Purwakarta

Urbaha

Warung Olay yang Selalu Ramai

Urbaha

Ma Eha dan Seéng Penanak Nasi
Kopi Menak Cililinan

Urbaha

Kopi Ménak Cililin: Cara Menikmati Kopi dan Wajit ala Bangsawan Dulu

Urbaha

Lesahan Doa Ibu yang Terimbas Corona

Urbaha

Segentong Empal Gentong Salma