Home / Lingkungan

Kamis, 13 Mei 2021 - 18:06 WIB

Pertambangan Harus Berwawasan Lingkungan

Kabupaten Bandung, PajajaranPost.com – Kebutuhan akan perumahan membuat penambangan dan galian c tak berijin makin subur di Jawa Barat. Karena disatu sisi sangat dibutuhkan, sedangkan disisi lain sangat mengkhawatirkan.

Meskipun sudah diatur melalui Perda Provinsi Jawa Barat nomor 17 Tahun 2001, tak sedikit pula galian yang masih melanggar. Akhirnya kegiatan itu dibubarkan oleh Pemda atau pun Pemprov.

H. Jajang Rohana, S.Pd.I., Anggota DPRD Jabar Komisi IV menanggapi, bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa penambangan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun penambangan tersebut juga harus mengikuti prosedur pertambangan dengan baik.

Baca juga  Akibat Harga Jual Tak Stabil, Petani Bawang Daun Alami Kerugian

“Pertama pengusaha pertambangan harus membuat kolam penampungan sehingga tidak mengalir ke pemukiman ketika hujan. Kedua bekas penambangannya harus bisa direvitalisasi kembali sehingga lingkungan akan pulih kembali,” ujar Jajang Rohana, via sambungan whatsapp, Kamis (13/05/21).

Jajang meneruskan bahwa kegiatan penambangan itu harus berwawasan lingkungan. Pihaknya menilai, bahwa penambangan itu harus baik seperti di Padalarang yang sudah berjalan lama.

Baca juga  Insentif untuk Petani Mangrove, Anwar Yasin: Anggarannya Ada atau Tidak?

“Namun jangan sampai terjadi seperti di daerah Sadu Kabupaten Bandung yang menyebabkan longsor berkali-kali. Ini yang salah. Menurut saya perlu ada pengawasan dari Pemerintah Kabupaten karena ijinnya kan dari daerah,” ucapnya.

Disarankan dia, penambangan itu jangan sampai merusak kontur wilayah yang tadinya indah menjadi rusak. “Tapi tidak dipungkiri kita membutuhkan material tersebut,” ujarnya. “Jadi harusnya jika ada tambang yang dekat dengan pemukiman dan akan berdampak pada lingkungan mungkin tidak direkomendasikan.”

(Asmr)

Editor: Wibisena

Share :

Baca Juga

Artikel

Eceng Gondok, Gulma Penyerap Polutan Berat

Lingkungan

Iwan, Pengusaha Jangkrik asal Desa Bojong Cianjur

Lingkungan

Wow, Dari Hasil Olah Limbah, Rosadi Bisa Bangun Jembatan

Lingkungan

Peringati Sumpah Pemuda, Sejumlah Komunitas Tanam Pohon dan Bersihkan Gedong Cai Tjibadak

Lingkungan

Komisi II Meminta Pemerintah Siapkan Beasiswa Khusus Anak Petani

Lingkungan

Fraksi PKS DPRD Jabar Dorong Pemprov Segera Operasikan Dua TPPA

Lingkungan

Satgas Citarum Harum Sektor 12 Sosialisasikan Penanganan Kerusakan DAS Citarum

Lingkungan

LMP Macab Kab. Cianjur Dukung Pemerintah Dalam Upaya Swasembada Jagung Tahun 2025