Home / Artikel

Senin, 24 Mei 2021 - 14:50 WIB

Program Desa Wisata Bangkitkan Asa Warga

Oleh: Drs. H. Anwar Yasin

Pemerintah Provinsi Jawa Barat merencanakan program Desa Wisata yang akan digulirkan di seluruh desa di Jawa Barat. Hingga saat ini pembahasan perencanaan program masuk pada tahap Rancangan Perda Desa Wisata oleh Pansus DPRD Provinsi.

Tujuan dari program Desa Wisata adalah untuk meningkatkan pemberdayaan potensi desa menjadi desa yang mandiri dan unggul. Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk menstimulus perekonomian masyarakat sekitar agar lebih berkembang.

Program inisiatif DPRD ini sangat dinanti oleh masyarakat Jawa Barat. Adanya program Desa Wisata memungkinkan desa untuk melakukan terobosan-terobosan dan menciptakan lingkungan wisata yang mengundang wisatawan untuk singgah ke desa tersebut.

Baca juga  Minggu Ceria Bersama Penyandang Disabilitas di Pantai Kuta Mandalika

Oleh karena itu, harapannya desa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi perlu melakukan integrasi program secara sistematis dan bersegera melakukan persiapan secara masif, mulai dari sektor infrastruktur hingga akses transportasi.

Selain menarik minat wisatawan, program Desa Wisata juga diharapkan dapat menarik minat investor atau pihak swasta untuk berinvestasi dalam pengembangan dan pembangunan Desa Wisata. BUMDes sebagai garda terdepan dalam mengelola bisnis desa perlu membuat sistem yang menunjang keseluruhan kebutuhan dalam pengembangan Desa Wisata.

Pun juga perlu bagi desa untuk mengintegrasikan program tersebut dengan seluruh elemen masyarakat di desa. Nantinya program Desa Wisata tak hanya melibatkan aparatur desa setempat saja, melainkan juga para pelaku usaha di desa tersebut, moda transportasi yang tersedia serta para penyedia jasa.

Baca juga  Iklan Televisi Buruk Bagi Manusia

Kesiapan dalam menyongsong program inisiatif DPRD ini perlu diseriusi oleh seluruh pihak. Apabila Raperda yang saat ini sedang dalam tahap pembahasan telah disahkan, maka pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembentukan dan persiapan Desa Wisata dapat memanfaatkan program ini dengan baik. Program yang baik akan menciptakan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang lebih baik.

Editor: Punky

Share :

Baca Juga

Artikel

Agroenergy, Energi yang Dibutuhkan Petani

Artikel

Aturan Wajib Masker Terkesan Dipaksakan

Artikel

Produk “Tahu Bulat” ala Emil

Artikel

Gagal Paham Menteri Agama

Artikel

Vaksin Covid-19 untuk Semua Masyarakat

Artikel

Sertifikasi Guru yang Dibuat Agar Sulit

Artikel

Aktualisasi Pesantren Terhadap Bangsa

Artikel

Jujur atau Tidak Kopi Instan