Home / Artikel

Sabtu, 27 Februari 2021 - 01:21 WIB

Ribuan Aset Milik Pemprov Jabar Belum Bersertifikat

Kota Bandung, PajajaranPost.com – Sekitar 4.545 aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupa tanah belum bersertifikat. Aset yang dimiliki Pemprov Jawa Barat paling banyak saat ini adalah jenis tanah yakni hampir 49% dari total aset yang dimiliki atau setara Rp11 triliun. Aset berupa tanah yang dimiliki Pemprov Jawa Barat ini rentan akan masalah sehingga pemerintah harus berupaya melakukan penataan aset, khususnya aset berupa tanah.

Perlu ada penataan aset milik pemprov yang tersebar di setiap kabupaten kota. Dan memang Ini perlu ada data atau sertifikasi aset terutama lahan-lahan. Dan kalau tidak terurus, bisa hilang. Oleh karena itu perlu adanya penataan aset yang lebih terencana serta terdata dengan baik data base-nya.

Baca juga  Nyamuk Jantan Gak Suka Darah Lho!

Disamping itu juga harus ada pemanfaatan aset-aset seperti tanah lahan gedung bangunan dll. Maka terkait aset ini ada yang sudah digarap oleh masyarakat sehingga pemprov harus sigap untuk penataan dan pengelolaan yang bisa menguntungkan untuk pemprov.

BUMD

Tirta Gemah Ripah (TGR) pelu ada penyesuaian BUMD dengan regulasinya, terutama Perda. Karena harus disesuaikan dengan UU Persiroda perusahaan daerah. Ini harus segera selesai terkait regulasinya.

Baca juga  Iklan Televisi Buruk Bagi Manusia

Kedepannya harus ada perencanaan yang lebih matang terutama dengan sistim pengelolaan air. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus antisipasi. Oleh karenanya, aset yang sudah ada seperti di Cimaung, Kabupaten Bandung, harus benar-benar beroperasi untuk melayani masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari perusahaan air itu.

(H. Rimba)

Editor: Deni Asmara

Share :

Baca Juga

Artikel

Iklan Televisi Buruk Bagi Manusia

Artikel

DLH KBB Kelimpungan, Siapa yang Salah?

Artikel

Kerap Merusak Ekosistem Laut, Edukasi Nelayan Harus Dimasifkan

Artikel

Mengenali Overhidrasi pada Tubuh

Artikel

Eceng Gondok, Gulma Penyerap Polutan Berat

Artikel

EMIL HARUS PERJELAS PERUNTUKAN DANA PINJAMAN KE DPRD

Artikel

Pandemi Covid-19 Mengembalikan Fungsi Pendidikan dalam Keluarga

Artikel

Produk “Tahu Bulat” ala Emil