Home / Lingkungan

Jumat, 21 Mei 2021 - 16:35 WIB

Toni Permana: Pemerintah Belum Punya Solusi Penanganan Sampah yang Benar

Padalarang, PajajaranPost.com – “Sampahku tanggung jawabku, sampahmu tanggung jawabmu”, begitu ucap Toni Permana salah satu Ketua RW di Desa Padalarang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Dia mengatakan banyak upaya yang dilakukan pemerintah baik pusat, provinsi, daerah sampai desa, untuk mengatasi sampah namun hasilnya masih belum efektif.

“Sampah masih banyak yang liar berserakan di jalanan. Ada beberapa faktor yang membuat efektivitas tersebut belum tercapai salah satunya adalah: kurangnya kesadaran masyarakat terhadap sampah dan mungkin pemerintah kewalahan dengan kapasitas sampah yang kian hari kian menumpuk,” paparnya, via sambungan whatsapp, Kamis (21/05/21).

Menurut Toni Permana yang merupakan Ketua RW 06 Kp. Sukamaju Desa Padalarang, sebetulnya penanganan sampah itu solusinya dikerjakan bukan diwacanakan saja seperi yang dia lakukan selama ini yaitu mendirikan Bank Sampah. Toni pun selalu punya solusi dan inovasi dalam penanganan sampah di wilayahnya.

Baca juga  Peringatan HJKB Tetap Khidmat Meski Sederhana dan Tanpa Gebyar

Prinsipnya dalam menanggulangi sampah adalah lakukan hal yang kecil sebelum mampu melakukan hal yang besar.

“Banyak produk produk daur ulang sampah yang saya produksi dengan berkolaborasi bersama Karangtaruna di wilayah ini. Salah satunya adalah paving blok dari sampah plastik residu, atau sampah plastik yang tidak laku,” ujar Toni.

Dia meneruskan, selama 5 tahun berjalan dalam program bank sampah tersebut, selama itu Toni hanya menggunakan alat seadanya karena belum mampu membeli alat daur ulang yang dia perlukan.

“Bank Sampah Sukamaju Sejahtera RW 06 Kp. Sukamaju Desa Padalarang memang pernah mendapatkan bantuan alat mesin pelumer plastik dari DLH KBB pada tahun 2019,” akunya. “Tapi sampai detik ini belum bisa dipakai karena terkendala listrik yang tidak memadai dan mesti tambah daya. Itu memerlukan modal yang cukup besar.”

Baca juga  Bandung Baratnya Lumpat, Kampungnya Gelap Gulita

Dia melanjutkan, meskipun serba kekurangan namun dia terus semangat, bergerak, dan berkarya untuk mengembangkan bank sampah miliknya. Sehingga, kata dia, bisa memberi dampak positif kepada masyarakat secara luas.

“Saat ini saya tengah menggarap Tanah Carik Desa di Desa Pasirhalang yang bekerjasama dengan Satgas Lembang Bersih yang pimpinan Pak Iyan, Pak Robi, dan Pak Yayan,” ucapnya. “Tujuan saya bekerja sama adalah untuk mengembangkan daur ulang sampah di Bank Sampah Sukamaju.”

(Asmr)

Editor: Wibisena

Share :

Baca Juga

Lingkungan

Kunjungan Komisi II DPRD Jabar ke BPBH Unit Margahayu KBB

Lingkungan

Gebersol di Hari Peduli Sampah Nasional Padalarang

Lingkungan

Kundapil ke Rancaekek, Sari Sundari: Tingkatkan Aman dan Iman

Lingkungan

Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Winaya Mukti

Lingkungan

Kelompok Tani Alam Mandiri Tanam Talas Beneng

Lingkungan

Gentra Macan Asia (GMA) Akan Hibridakan Jawa Barat

Lingkungan

Harga Sayuran Turun, Petani dan Tengkulak Menanti Stabilitas Harga

Lingkungan

Bunga Bugenville Bisa Tiga Warna, Meladi: Tidak Sulit yang Penting Mau Sabar dan Tekun